Guru itu mendidik

guru

Mendidik adalah kata imbuhan yang berakar kata “didik”, dari kata itu pula terbentuk kata lain yakni pendidik dan terdidik. Kata mendidik merupakan kata kerja dari suatu perbuatan didik, yakni membuat orang jadi terdidik, mentransfer pengetahuan kepada orang lain dengan cara yang sistimatis. Jadi mendidik adalah suatu perbuatan pentrasferan pengetahuan kepada seseorang dari tidak tahu menjadi tahu secara sistimatis, sehingga bermanfaat dalam kehidupannya dimasa kini dan mendatang serta tidak ketergantungan berlebihan kepada orang lain. Hal ini berarti dengan adanya pendidikan manusia mampu hidup mandiri, dapat membedakan antara yang baik dengan yang tidak baik dan tentunya dapat menjadi khalifah di bumi.
Adapun kata pendidik lebih ditujukan kepada orang yang memberi didikan yakni Guru, sedangkan terdidik adalah orang yang menerima didikan yakni murid/siswa. Selain tiga kata tersebut diatas kita juga mengenal istilah pendidikan yang merupakan bentukan lain dari kata didik.

Pada prinsipnya secara universal guru memegang peranan penting, dalam artian secara edukatif mupun administratif dan sebagainya, karena seorang guru langsung berhadapan dengan peserta anak didik. Jadi segala apapun yang terjadi kepada anak didik itu itu merupakan penilain terhadap anak didik. Jadi sekali guru salah melangkah, tentunya pendidikan yang akan kita jalani di masa depan itu tetap akan merupakan kesalahan. Oleh sebab itu seorang guru tidak boleh salah dihadapan siswa. Jadi jangan sampai ada seorang guru mengatakan , eh maaf ini salah, ini tidak dibenarkan. Oleh karenanya seorang guru harus melakukan persiapan, baik di bidang pembelajaran, maupun dalam melakukan interaksi di dalam kelas.

Ingat, tugas guru bukan saja mengajar dengan memindahkan ilmu semata melainkan mendidik siswa menjadi manusia yang manusiawi. Untuk itu, guru secara total harus dapat menguasai kondisi faktual kejiwaan siswa. Tiap tingkah laku dan perubahannya perlu dicermati guru sehingga diperoleh ketepatan perlakukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: