Macam-Macam Asas Pendidikan

asas

Asas atau prinsip pendidikan adalah ketentuan-ketentuan yang dijadikan pedoman atau peganagn melaksanakan pendidikan agar tujuannya tercapai dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Asas-asas pendidikan yaitu :

  1. Asas ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani, yang berarti di depan pendidik memberi contoh , di tengah memberi dorongan, di belakang memberi pengaruh agar menuju ke kebaikan.
  2. Asas pendidikan sepanjang hayat, yang berarti pendidikan itu dimulai dan lahir sampai mati.
  3. Asas semesta, menyeluruh dan terpadu.
  4. Asas manfaat, yang berarti pendidikan harus mengingat kemanfaatannya bagi massa depan peserta didik, bagi masyarakat, bangsa, negara dan agama.
  5. Asas usaha bersama, yang berarti pendidikan menekankan kebersamaan antara keluarga sekolah dan masyarakat.
  6. Asas demokratis, yang berarti bahwa pendidikan harus dilaksanakan dalam suasana dan hubungan yang proporsional antara pendidik dengan peserta didik, ada keseimbangan antara hak dan kewajiban pada masing-masing pihak.
  7. Asas adil dan merata, yang berarti bahwa semua kepentingan berbagai pihak harus mendapat perhatian dan perlakuan yang seimbang, sehingga tidak ada diskriminasi.
  8. Asas perikehidupan dalam keseimbangan, yang berarti harus mempertimbangkan segala segi kehidupan manusia, misalnya jasmani rokhani, dunia akherat, individual dan sosial, intelektual, kesehatan, keindahan dan sebagainya.
  9. Asas kesadaran hukum, dalam arti bahwa pendidikan harus sadar dan taat berlaku serta menegakkan dan menjamin kepastian hukum.
  10. Asas kepercayaan pada diri sendiri, yang berarti bahwa pendidikan peserta didik harus memiliki kepercayaan diri sehingga tidak ragu dan setengah-setengah dalam melaksanakan pendidikan.
  11. Asas efisiensi dan efektifitas, dalam arti pendidikan dituntut kehematan dan hasil guna yang tinggi.
  12. Asas mobilitas, dalam arti bahwa pendidikan harus ditumbuhkan keaktifan, kreatifitas, inisiatif, ketrampilan, kelincahan dan sebagainya.
  13. Asas fleksibilitas, dalam arti bahwa pendidikan harus diciptakan keluwesan (fleksibel) baik dalam materi maupaun caranya , sesuai dengan keadaan, waktu, dan tempat.
About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: